Pergantian Panel Shared Hosting Eramedia

Menyikapi informasi yang telah beredar bahwa cPanel telah memperbarui struktur lisensi dan juga harganya, kami memutuskan untuk mengambil tindakan berupa pergantian panel agar layanan shared hosting tetap dapat berlangsung dengan harga yang terjangkau.

Perubahan sistem lisensi cPanel dari yang semula ada dua jenis, yaitu lisensi untuk VPS dan Dedicated, berubah menjadi beberapa jenis dibagi berdasarkan jumlah akun cPanel di dalam satu server, ditambah biaya yang dikenakan per akun jika melebihi jumlah akun yang ditetapkan pada tipe lisensinya. Perubahan tersebut berdampak kepada sebagian besar web hoster di dunia termasuk di Indonesia. Kenaikan harga lisensi per bulan yang dikenakan kepada kami hampir 300% dari harga semula. Untuk itu kami memutuskan mengganti panel shared hosting dari cPanel menjadi DirectAdmin. Kami merasa menaikkan harga shared hosting kurang efektif jika diterapkan di pasar Indonesia dan kurang efisien yang mana masih ada beberapa panel hosting selain cPanel dengan harga yang lebih terjangkau dengan fitur yang kurang lebih sama seperti Plesk, DirectAdmin, CWP, dll, karena kebanyakan panel hosting fiturnya memang itu-itu saja.

Mengapa kami memilih DirectAdmin? Sebenarnya Plesk lebih populer dan dari segi fitur lebih mirip dengan cPanel. Jadi kenapa tidak pilih Plesk? Ada beberapa alasan yang menjadi bahan pertimbangan kami. Pertama, cPanel melakukan perubahan karena cPanel diakuisisi oleh Oakley Capital yang mana juga menaungi Plesk. Jadi sangat mungkin terjadi jika suatu saat Plesk akan menerapkan sistem lisensi yang sama dengan cPanel. Sebelumnya WHMCS yang mana juga dibawah naungan Oakley telah lebih dahulu menerapkan sistem lisensi per akun klien yang aktif. Alasan kedua, DirectAdmin memberikan¬†“Protection against price increases” sehingga sangat kecil kemungkinan terjadi insiden seperti yang dialami cPanel. Ketiga, DirectAdmin masih aktif dikembangkan dan fitur-fiturnya mirip dengan cPanel, sehingga pengguna baru tidak akan terlalu sulit untuk menyesuaikan dari cPanel ke DirectAdmin.

Demikian pengumuman dari kami. Detail mengenai proses pergantian panel akan kami kirimkan melalui email. Beberapa tutorial juga akan kami posting di blog ini. Silahkan hubungi kami jika ada yang ingin ditanyakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *